Berita Utama

Workshop Kampanye Pekan ASI

Bekerja Bersama Untuk Keberlangsungan Pemberian ASI "Ibu Bekerja, ASI Tetap Diberikan"

| Senin, 30 Oktober 2017 - 15:23:28 WIB | dibaca: 254 pembaca

Deklarasi Innocenti tahun 1990 di Florence Italia mengamanatkan pentingnya mengkampanyekan Air Susu Ibu (ASI) sebagai bagian penting dari upaya “perlindungan, promosi dan dukungan menyusui”. Setiap minggu pertama bulan Agustus setiap tahun dijadikan sebagai “Pekan ASI” yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnyaa ASI bagi bayi dan diperlukannya dukungan bagi ibu dalam mencapai keberhasilan menyusui bayinya.

Menurut WHO/UNICEF, standar emas pemberian makan pada bayi dan anak adalah :

1.    Mulai segera menyusui dalam 1 jam setelah lahir

2.    Menyusui bayi secara eksklusif sejak lahir sampai dengan umur 6 bulan

3.    Mulai umur 6 bulan bayi mendapat Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang bergizi sesuai dengan kebutuhan tumbuh Kembangnya dan

4.    Meneruskan menyusui anak sampai umur 24 bulan atau lebih

ASI Eksklusif memiliki kontribusi yang besar terhadap   tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak. Anak yang diberikan ASI Eksklusif akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan tidak mudah sakit. Hal tersebut sesuai dengan beberapa kajian dan fakta global. Investasi dalam pencegahan BBLR, stunting dan meningkatkan IMD dan ASI Eksklusif berkontribusi dalam menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis.

Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) diperingati setiap tahun, dan pada tahun 2017 mengangkat tema global “Suistaining Breastfeeding Together”, dengan tema nasional “ Bekerja bersama untuk keberlangsungan pemberian ASI” dan salah satu slogan “Ibu Bekerja , ASI tetap diberikan”. Secara umum PAS 2017 bertujuan mengadvokasi seluruh elemen masyarakat untuk menjalin kemitraan dan mendukung keberlangsungan pemberian ASI agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Untuk mencapai Keberhasilan menyusui memerlukan dukungan pemerintah, dunia usaha dan semua lapisan masyarakat secara terus menerus dan berkelanjutan. Dalam memperingati PAS Tahun 2017 Provinsi Kalimantan Tengah, Diadakannya Workshop tentang pentingnya menyusui pada Tanggal 25 Oktober 2017 dengan Narasumber dr.Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM dari Sentra Laktasi Indonesia. 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)