Berita Utama

Kanker

Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks Ditanggung Pemerintah

IT Dinkes Kalteng | Kamis, 15 Juni 2017 - 08:35:15 WIB | dibaca: 476 pembaca

Dalam sepekan, dua orang wanita Indonesia yang merupakan public figure Tanah Air berturut-turut meninggal dunia akibat kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks). Hal ini menjadi sebuah pengingat bagi kita bahwa kanker merupakan epidemi global. Kanker menjadi masalah di dunia, termasuk di Indonesia, karena jumlah penderitanya yang terus meningkat begitu pula dengan kematiannya. Kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan dua jenis kanker tertinggi yang mengancam perempuan di Indonesia.

Selain upaya meningkatkan pengetahuan terhadap jenis dan bahaya kanker dan faktor risiko terjadinya kanker, masyarakat juga perlu memahami bahwa beberapa jenis kanker dapat dicegah melalui deteksi dini. Deteksi dini kanker leher rahim dilaksanakan dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan tindak lanjut dini dengan krioterapi jika ditemukan IVA positif. Sedangkan deteksi dini kanker payudara dengan metode pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS).

Saat ini, lebih dari 3.700 Puskesmas di seluruh Indonesia telah dilatih dalam pelayanan deteksi dini penyakit kanker payudara dan leher rahim. Sedangkan untuk pengobatan segera dilakukan di rumah sakit kabupaten/kota secara berjenjang untuk rujukan kasus kanker.

''Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar'', ujar Kepala Biro Komunikas dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, Sabtu siang (10/6).

Oscar juga menegaskan bahwa masyarakat, khususnya yang telah menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN), tidak perlu khawatir karena biaya promotif dan preventif berupa deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks (tes IVA) di Puskesmas sudah masuk dalam pembiayaan JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu,  pemerintah juga tengah mengintroduksi vaksin human papiloma virus (HPV) di siswi sekolah dasar di beberapa daerah. Vaksin HPV efektif untuk mencegah seseorang wanita terserang HPV yang akan membaeanya pada kanker serviks. Harapannya ke depan vaksin HPV tersebut bisa menjadi salah satu vaksin program nasional.

Hal lainnya, pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun, seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan yang ada di berbagai media, baik media massa maupun media sosial.

''Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan'', tandasnya.

 

Sumber : http://www.depkes.go.id










Komentar Via Website : 13
Obat Amandel Di Apotik
15 September 2017 - 09:10:00 WIB
Informasi yang sangat bermanfaat sekali http://goo.gl/fzNvXR
Salep Penghilang Jerawat Dan Bekasnya Di Apotik
15 September 2017 - 13:20:49 WIB
Semoga bermanfaat http://goo.gl/vuoA3c
Cara Menurunkan Gula Darah Dan Kolesterol Secara Alami
16 September 2017 - 10:21:30 WIB
Terimakasih atas informasinya http://goo.gl/phL431
Manfaat Kolagen Untuk Kulit Wajah
16 September 2017 - 14:52:48 WIB
Thank's for your information http://goo.gl/7Eq2JG
Obat Eksim Kering Di Apotik
18 September 2017 - 08:55:39 WIB
Terimakasih atas informasinya http://goo.gl/9AYvQP
Salep Penghilang Noda Hitam Di Apotik
18 September 2017 - 13:51:12 WIB
Semoga bermanfaat http://goo.gl/CtvZUZ
Obat Penyakit Hisprung Tanpa Operasi
19 September 2017 - 10:08:53 WIB
Thank's for your information http://goo.gl/nrWVQR
Obat Dan Salep Keloid Di Apotik
14 September 2017 - 08:24:27 WIB
Terimakasih atas informasinya http://goo.gl/Tr9WxK
Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Dengan Es Batu
14 September 2017 - 14:24:32 WIB
Semoga bermanfaat http://goo.gl/ngWUf8
Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dan Kusam
19 September 2017 - 15:47:04 WIB
Semoga bermanfaat http://goo.gl/x29Zmx
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)