Agenda Dinas

Pertemuan Koordinasi Program PSDMK

Dinkes Kalteng Adakan Pertemuan Koordinasi Program PSDMK

admin | Selasa, 05 April 2016 - 09:31:45 WIB | dibaca: 544 pembaca

Palangka Raya, 25 Februari 2016. Target pemenuhan Millenium Development Goals (MDG’s) diantaranya adalah menanggulangi kemiskinan, pemenuhan pendidikan dasar, kesetaraan gender, penurunan angka kematian bayi, peningkatan kualitas kesehatan ibu, menekan penyakit menular HIV dan AIDS serta lainnya, menjamin kelestarian lingkungan, dan terakhir pengembangan kemitraan global. Pencapaian MDG’s inilah yang nantinya kan menghasilkan sebuah ukuran Human Index Development atau Indeks Perkembangan Manusia suatu bangsa.

Salah satu upaya pembangunan kesehatan dalam rangka pencapaian target MDG’s adalah dengan meningkatkan sumber daya kesehatan. Sampai dengan saat ini, upaya pemenuhan SDM kesehatan masih dirasakan belum memadai, baik dari segi jumlah, jenis dan distribusi serta kualitas tenaga kesehatan yang dibutuhkan. Untuk dapat menyusun rencana kegiatan dan program pengembangan SDM kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah kedepannya yang relevan dengan permasalahan yang dihdapi diperlukan beberapa informasi meliputi sebaran tenaga kesehatan, jenis pendidikan tenaga kesehatan, tenaga kesehatan yang belum Diploma III, fasilitas pelayanan kesehatan yang belum ada tenaga (kosong), tenaga kesehatan yang sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), tenaga kesehatan yang mengikuti pendidikan/pelatihan, jenis pelatihan yang sudah diselenggarakan, serta data-data pendukung lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng mengadakan Pertemuan Koordinasi Program PSDMK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah untuk mensinergikan berbagai program dan kegiatan dalam bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan. Pertemuan Koordinasi ini dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 26 Februari 2016 bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan, Jl. Yos Sudarso No. 14 Palangka Raya dengan narasumber dari Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Bidang SDMK atau yang membawahi program SDMK dan 1 (satu) Kepala Seksi di bidang SDMK dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dan juga diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah. Diharapkan melalui Pertemuan Koordinasi ini dapat diketahui permasalahan, rencana pemecahan masalah yang dihadapi Dinkes Kabupaten/Kota terkait pengembangan SDMK dan disepakatinya pelaksanaan program dalam pengembangan SDMK di Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)