Berita Utama

Tips

5 Cara Sederhana Rawat Gigi Agar Tetap Sehat

| Kamis, 07 Desember 2017 - 14:04:14 WIB | dibaca: 68 pembaca

Sejak kecil kita selalu diingatkan untuk rajin menggosok gigi dan ditanamkan agar rutin memeriksakan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Hal itu bertujuan agar gigi tumbuh kuat dan sehat, bahkan hingga tua nanti.

Tapi acap kali kita abai pada pemeriksaan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Entah karena merasa repot, atau biaya untuk check up tidak murah. Apapun alasannya, kita sudah lalai untuk memenuhi salah satu kebutuhan kesehatan gigi.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan agar kebutuhan gigi yang sehat dapat terpenuhi. Asalkan telaten, merawat gigi bukan hal yang susah dan butuh biaya selangit.

Berikut ini 5 cara sederhana yang bisa kita terapkan untuk menjaga gigi kita tetap sehat.

Kurangi Makanan Manis, Masih Panas Atau Terlalu Dingin

Makanan atau minuman yang masih panas atau terlalu dingin dapat berisiko merusak sensitivitas gigi. Lebih jauh, hal itu bahkan dapat membuat keretakan pada gigi yang membuat bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam struktur gigi. Jika sudah demikian, sakit gigi atau bahkan kerusakan gigi—terutama pada warna putih—bukan hal yang tidak mungkin terjadi.

Selain itu, makanan manis atau yang mengandung gula juga dapat memicu berkembangnya bakteri di dalam mulut.

Jadi, agar bakteri tidak sampai berkembang dan berisiko merusak gigi, konsumsi makanan dan minuman yang masih panas atau terlalu dingin, serta makanan manis baiknya dikurangi.

Gosok Gigi Minimal 3 Kali Sehari

Terlalu sering menggosok gigi dapat berisiko merusak email gigi. Tapi, bukan berarti Anda boleh untuk malas menggosok gigi. Agar tetap sehat dan putih, disarankan agar menggosok gigi minimal 3 kali sehari, khususnya menjelang tidur malam. Gosok gigi sebelum tidur berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi, agar tidak semakin bertambah dan dapat mencegah perkembangan bakteri yang memakan sisa makanan tersebut.

Banyak Konsumsi Buah-Buahan Segar

Selain menyehatkan tubuh, serat dalam buah-buahan segar ternyata juga membantu membersihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada gigi. Untuk itu, semakin banyak mengkonsumsi buah-buahan segar, semakin terjaga pula kesehatan gigi.

Sering Mengunyah Permen Karet

Selain dapat melatih otot mulut, mengunyah permen karet ternyata juga bisa merangsang produksi air liur dalam mulut.

Meningkatnya kuantitas air liur dapat membantu membersihkan partikel-partikel asam dari sisa makanan di dalam mulut. Hal ini akan membantu merawat gigi agar tetap putih, sehat dan juga mencegah agar tidak berlubang.

Namun, perlu diingat, hal ini hanya bisa dihasilkan oleh permen karet yang tidak mengandung banyak gula.

Gunakan Obat Kumur

Berkumur pakai obat kumur maksimal 2 kali sehari akan membantu gigi tetap sehat dan berwarna putih. Kandungan fluoride yang ada pada obat kumur baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya berlubang.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)