Berita Utama

Keterbukaan Publik

Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah Peringkat ke 7 dari 29 SOPD

| Senin, 22 Oktober 2018 - 10:39:50 WIB | dibaca: 43 pembaca

Sepuluh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik dari Komisi Informasi Kamis (18/10/2018) siang di Palangka Raya. 

Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, Mambang I Tubil, mengatakan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng masih perlu didorong agar menerapkan keterbukaan informasi. Dari 46 Organisasi Perangkat Daerah yang menerima kuisioner dari Komisi Informasi, hanya 29 OPD yang mengembalikan kuisoner evaluasi  tersebut. 

"Kita karena kewajiban melaporkan kepada Bapak gubernur atas pelayanan keterbukaan, ya kita sampaikan apa adanya," ujarnya. "Hasil evaluasi itu demikian karena evaluasi itu adalah bahan untuk perbaikan ke depan, karena perintah dari Undang-Undang setiap badan publik itu wajib untuk melakukan pelayanan keterbukaan informasi," lanjutnya. 

Menurut Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah pemeringkatan SOPD lingkup Pemprov Kalteng dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat. Beberapa indikator yang dinilai diantaranya penyampaian laporan, kelengkapan PPID yang terdiri dari tempat layanan dan website, kemudian masyarakat yang meminta informasi dilayani dengan baik. drg. Yayu Indriaty Sp. KGA dalam sambutannya pada Apel Senin, menyampaikan terimaksih dan penghargaan atas prestasi yang sudah diraih serta harapannya kedepan bisa jauh lebih baik dalam pelayanan publik.

Dari 29 OPD yang ikut dalam kegiatan tersebut Dinas Kesehatan menempati urutan ke 7 Keterbukaan Informasi Badan Publik dari Komisi Informasi. Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah Kalteng mulai peringkat 1 hingga 10 adalah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan peringkat 10 Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah.

(Sumber : KBRN, Palangka Raya)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)