Berita Utama

HKN Ke 54

Gowes Sehat Germas dalam memperingati HKN Ke- 54 Provinsi Kalimantan Tengah

| Senin, 19 November 2018 - 20:57:30 WIB | dibaca: 93 pembaca

Tahun ini tepat nya tanggal 12 November 2018 Provinsi Kalimantan Tengah memperingati Hari Kesehatan Nasional  Ke – 54 TAHUN 2018. Dengan Semangat Hari Kesehatan Nasional  Ke - 54 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan dan Pembangunan Kesehatan yang adil dan merata untuk mencapai Kalimantan Tengah Berkah.

Hari Kesehatan Nasional Ke 54 kali ini mengangkat Tema ‘’Aku Cinta Sehat” dan Sub Tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Slogan Ayo Hidup Sehat sudah semestinya kita gaungkan dan Mulai Dari Kita akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia khususnya Kalimantan Tengah apabila dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi oleh kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, adalah Perilaku Keluarga. Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak. Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada Masyarakat khususnya di lingkungan keluarga.

Presiden RI Joko Widodo mendukung perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat, dengan mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas program dan lintas sektor serta seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat dan Kalimantan Tengah Berkah.

Mendukung GERMAS, berarti kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya,  sehingga tercipta Masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Fokus Kegiatan GERMAS pada periode saat ini adalah Peningkatan Aktifitas Fisik, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur, dan Cek Kesehatan Secara Rutin. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah ikut andil dalam mendukung program GERMAS, hal itu wujudkan dengan melakukan Pencanangan Germas Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2017. Kampanye Germas juga selalu ditingkatkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dengan cara menyebarkan Media Informasi dan Edukasi, baik secara elektronik maupun cetakan.

Kemudian pada momentum rangkaian Peringatan HKN ke-54 tahun ini, saat ini kita selenggarakan GOWES SEHAT GERMAS sebagai aksi nyata untuk mengajak masyarakat agar gemar beraktifitas fisik/berolah raga salah satunya dengan bersepeda. Sambutan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko yang sekaligus melepas peserta Bersepeda Sehat Germas HKN Ke – 54. Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dibutuhkan dalam rangka membangun dan meningkatkan derajat kesehatan di Kalimantan Tengah.

          Demikian sambutan dari saya, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah  saya mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Tahun 2018. Kita sukseskan rangkaian GOWES SEHAT GERMAS hari ini yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HKN ke 54 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Ujarnya.

          Dalam laporannya Plt Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng drg.Yayu Indriyati, Sp.KGA menambahkan Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak dan menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas khususnya tentang program GERMAS yang berfokus pada Peningkatan Aktifitas Fisik, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur, dan Cek Kesehatan Secara Rutin. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat karena dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di Car Free Day Bundaran Besar Kota Palangka Raya, pada hari Minggu 18 November 2018.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)