Berita Utama

Kaji Banding

Kaji Banding Sistem Perencanaan, Data dan Evaluasi Dinkes Prov.Kalteng di Dinkes Provinsi DIY

| Kamis, 20 Desember 2018 - 16:13:05 WIB | dibaca: 241 pembaca

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara (KEMEN PAN-RB) menyelenggarakan acara Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah (SAKIP) Kabupaten/Kota dan Provinsi di Wilayah III di Yogyakarta. Acara tersebut sekaligus menjadi rapor tersendiri bagi setiap pemerintahan daerah baik di Provinsi maupun Kabupaten Kota. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri berhasil mendapatkan Predikat “A” dalam urusan kinerja pemerintah daerah.

Berdasarkan hasil tersebut pula, menjadikan kami Provinsi Kalimantan Tengah terus berbenah diri agar mampu mencontoh hasil yang telah diraih oleh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Arahan sekaligus Perintah Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan kami setiap OPD di Provinsi Kalimantan Tengah agar mampu mendapat predikat minimal “BB”.

Sehubungan hal tersebut, kami menyadari bahwa untuk dapat mencapai target tersebut ada beberapa Pekerjaan Rumah yang perlu kami benahi dimulai dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) bidang Kesehatan, Renstra (Rencana Strategis) dan Indikator Kinierja Utama (IKU) Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, serta terutama Reformasi Birokrasi.

            Didalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng yang saat itu di wakili oleh Sekretaris Zainuri, SH., M.Kes menambahkan bahwa kegiatan kaji banding ini akan menjadi pembelajaran dan tidak dianggap sebagai kumpulan dokumen semata, tetapi memiliki daya ungkit besar pengaruhnya terhadap efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran negara dan menghasilkan output yang baik pula bagi kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah untuk mencapai Kal-Teng BERKAH.

            Dinas Kesehatan DIY Yogyakarta yang diwakili oleh pejabat eselon III kabid SDK selaku Plt Kabid Yankes selaku Plh Sekretaris dan Pejabat Eselon IV Kasubbag PP Dinas Kesehatan Prov.Daerah Istimewa Yogyakarta Menerima dengan baik untuk kegiatan kaji banding sistem perencanaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Hasil dari Kaji Banding ini adalah Tindak lanjut hasil supaya lebih jelas baik RB maupun LAKIP sebagai political will (ada tim teknis).

 

Sumber : Bidang Sekretariat / Subbag Peny.Program










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)