Berita Utama

Kegiatan

Kegiatan Assesment/penilaian di UPT. Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Prov Kalteng 2018

| Kamis, 06 Desember 2018 - 12:53:14 WIB | dibaca: 47 pembaca

Kegiatan Assesment/penilaian di UPT. Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi oleh surveior akreditasi dari KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) dari tanggal 3 – 5 Desember 2018 yaitu dr. Imam Budiwiyono, Sp PK dari Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang, Dr. dr. Ina S. Timan, Sp PK(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan drg. Murni Kusmawati, MM (ketua KALK). Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan mutu dan layanan laboratorium kesehatan di UPT. Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Provinsi Kalimantan Tengah. kami akan terus berbenah mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, setelah terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) ISO: IEC 17025 : 2008 saat ini UPT. Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi akan masuk akreditasi KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan).

Standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 298 tahun 2008 tentang Pedoman Akreditasi Laboratorium Kesehatan. Standar-standar penilaian tersebut terdiri dari, Tujuan, Administrasi dan pengelolaan, Staf dan Pimpinan, Fasilitasi dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur Mutu Pelayanan, Pengembangan SDM dan Program Pendidikan, Serta Evaluasi dan Pengendalian Mutu. KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) memiliki 7 (tujuh) standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

Tuntutan terhadap jaminan mutu hasil laboratorium di era globalisasi seperti sekarang ini terbukti semakin nyata. Tuntutan tersebut tidak hanya didasarkan dari bentuk fisik bangunan dan fasilitas tetapi juga dokumen. Dokumen tersebut harus menerangkan bahwa hasil pemeriksaan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam panduan akreditasi. Guna memenuhi tuntutan tersebut diperlukan standardisasi laboratorium agar nantinya  laboratorium penguji tersebut dapat dikategorikan menjadi laboratorium standar. Definisi dari laboratorium standar adalah laboratorium yang memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam standar yang diacu KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan), Persyaratan sebuah laboratorium standar yaitu adanya pengakuan terhadap pemenuhan suatu standar dan harus dibuktikan melalui penilaian kompetensi oleh pihak eksternal melalui proses akreditasi.

Laboratorium Kesehatan terakreditasi harus mampu menghasilkan data hasil pengujian/pemeriksaan  dengan tepat, akurat dan teliti. Pada akhirnya, orang dapat memberikan penilaian bahwa data tersebut merupakan bukti objektif kualitas/mutu hasil pemeriksaan/pengujian  yang lakukan. Hingga sekarang, data laboratorium yang mendapat pengakuan terakreditasi di Indonesia sebanyak 411 laboratorium penguji (6 diantaranya laboratorium di perguruan tinggi) dan 103 laboratorium kalibrasi. (Labkes/Dinkes Prov)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)