Berita Utama

RAKERBIDKES 2019

Kolaborasi Pusat dan Daerah dalam Penguatan Pelayanan Kesehatan Menuju Cakupan Kesehatan Semesta

| Kamis, 28 Maret 2019 - 09:51:03 WIB | dibaca: 195 pembaca

Rapat Kerja Bidang Kesehatan (Rakerbidkes) tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya dari tanggal 25 – 27 Maret 2019.

Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tahun 2019 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan program-program pusat dan provinsi sebagai acuan dalam mengevaluasi dan merencanakan program dan kegiatan bidang kesehatan pada tahun 2020 di Kabupaten/Kota. Sebagai Tindak Lanjut  dari  Rapat Kerja Kesehatan Nasional  yang diselenggarakan  pada tanggal 10 - 14 februari di Jakarta.

Rapat kerja tahun ini  mengambil Tema adalah “Kolaborasi Pusat dan Daerah dalam Penguatan Pelayanan Kesehatan Menuju Cakupan Kesehatan Semesta”. Sebagai bentuk kolaborasi dan sinergisme, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan.

Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tahun 2019 ini  merupakan pertemuan penting guna menciptakan komitmen bersama dan sinergitas dalam upaya percepatan dan  peningkatan pelaksanaan pembangunan di daerah.   Adanya pemahaman kebijakan-kebijakan program pusat sebagai acuan dalam perencanaan untuk kolaborasi dengan pemerintah daerah. sebagai tindak lanjut dari Rakernas.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya pemenuhan jaminan kesehatan semesta dengan menerbitkan kartu Kalteng Berkah (KKB) diperuntukan 90.225 jiwa dengan anggaran 25 M. Selain itu juga dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini mempersiapkan  Pembangunan Rumah Sakit Kelas A. Melalui Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dengan luasan lahan ±20 Ha..

Rapat kerja ini dihadiri kurang lebih 200 orang terdiri dari Narasumber Kementerian Kesehatan dan Bupati Pulang Pisau, Kotawaringin Barat , Barito Utara dan Walikota Palangka Raya,  peserta dari Provinsi dan Kabupaten Kota, yaitu:

1.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

2.Direktur Rumah Sakit Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota

3.Kepala Bidang dan Kepala Seksi Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

4.Kepala Bidang dan Kepala Seksi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

5.Kepala Bidang dan Kepala Seksi Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

6.Pejabat Eselon III dan IV Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

7.Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Bidang Kesehatan

8.Serta Organisasi Profesi Kesehatan.

Acara Rakerbidkes dibuka lansung oleh Staff Ahli Gubernur Ibu dr. Endang Kusriatun dan paparan dari Narasumber Pusat yang hadir : Dirjen Kesmas, Kepala Badan PPSDM, Direktur Fasyankes, Direktur Gizi Masyarakat, Staf Ahli Kemenkes, Kasi Penyakit Infeksi Menular Seksual Dirjen P2ML, Kasubdit Napza dan Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Pusdatin serta kabuapen/kota dan puskesmas berbagi pengalaman keberhasilan. Diharapkan Rapat kerja ini adanya masukan-masukan  konstruktif dalam upaya Sinergisitas Program dan Kegiatan dengan tetap mengutamakan isu - isustrategis bidang kesehatan di Provinsi dan kabupaten/kota, dapat menyelaraskan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah untuk menuju Kalteng Berkah.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah dr. Suyuti Syamsul, MPPM menyampaikan, Rakerbidkes 2019 merupakan awal yang baik bagi kita semua dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang tidak ringan dalam rangka peningkatan kesehatan untuk seluruh masyarakat Kalimantan Tengah.

Sumber : Laporan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)