Berita Utama

KPBU

Konsultasi Publik Penyiapan Proyek KPBU dalam Pembangunan RS Kelas A Provinsi Kalimantan Tengah

| Senin, 18 November 2019 - 16:34:14 WIB | dibaca: 26 pembaca

Palangka Raya - Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan tahapan dalam penyiapan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan mengenai rencana Pembangunan Rumah Sakit Kelas A Provinsi Kalimantan Tengah melalui Skema KPBU; mendapatkan gambaran kelayakan pengembangan/ pembangunan RS Kelas A Provinsi Kalimantan Tengah; menentukan perlu atau tidaknya Dukungan Pemerintah dan/atau Jaminan Pemerintah; serta memperoleh persetujuan dari para pemangku kepentingan mengenai KPBU.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Sekretaris Daerah Prov.Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut, M.P. yang dalam kesempatan itu di wakilkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM mengatakan, Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di tanah air. Skema tersebut sebagai alternatif pendanaan untuk menjawab kebutuhan pembiayaan infrastruktur yang terus meningkat.

Sesuai Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur, tahap pelaksanaan KPBU terdiri dari perencanaan, penyiapan dan transaksi KPBU. Dalam tiga tahapan tersebut, terdapat proses konsultasi publik yang wajib dilaksanakan. Hal ini untuk mengetahui respon masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya terhadap keberadaan proyek yang akan dibangun.

Konsultasi Publik ini merupakan proses interaksi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, akuntabilitas dan efektivitas KPBU. Perencanaan dan penyiapan proyek KPBU tentunya akan semakin matang dengan adanya berbagai masukan dari masyarakat, sebagai pihak yang akan memanfaatkan proyek itu kelak. Hasil dari konsultasi publik ini berupa tanggapan/masukan dari pemangku kepentingan serta evaluasi dan implementasinya dalam KPBU.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa di Provinsi Kalimantan Tengah belum memiliki Rumah Sakit kelas A yang menjadi rujukan dari berbagai wilayah di Kalimantan Tengah. Untuk itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah merencanakan pembangunan Rumah Sakit kelas A, yang direncanakan di Jalan Tjilik Riwut Km. 38, luas ± 49 hektar, dengan status lahan milik Pemprov Kalimantan Tengah (bersertifikat). Dengan adanya Rumah Sakit Kelas A tersebut, diharapkan dapat mendekatkan masyarakat pada fasilitas kesehatan yang memadai dan masyarakat Kalimantan Tengah tidak perlu berobat keluar Kalimantan Tengah.

Mengingat keterbatasan APBN maupun APBD, pada tahun 2019 ini pembangunan Rumah Sakit kelas A Provinsi Kalimantan Tengah diusulkan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), yang difasilitasi oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. KPBU ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mencari terobosan dan inovasi dalam membangun daerah dengan memanfaatkan berbagai alternatif pembiayaan.

Progres saat ini sedang pada tahapan penyusunan Kajian Awal Prastudi Kelayakan (Outline Business Case/OBC), yang dilakukan paralel dengan penyusunan Kajian Akhir Prastudi Kelayakan (Final Business Case/FBC). Konsultasi publik yang kita laksanakan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses penyusunan Prastudi Kelayakan KPBU.

Direncanakan pada tahun 2020 proyek KPBU Pembangunan Rumah Sakit kelas A ini siap masuk dalam tahapan transaksi (Pra Kualifikasi sampai Financial Close), serta pada tahun 2021 masuk tahap konstruksi (pembangunan fisik), Senin(18/11).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)