Berita Utama

Koordinasi

Koordinasi Teknis TP UKS Kab/ Kota dan Kec. dalam Rangka Penerapan Model Sekolah Sehat 2018

| Jumat, 07 Desember 2018 - 11:04:23 WIB | dibaca: 24 pembaca

Undang-undang tentang kesehatan mengamanahkan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat secara fisik, mental, spiritual maupun social yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social dan ekonomis. Pada pasal 79 ayat (1) mengamanahkan bahwa “kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.” Anak usia sekolah merupakan sasaran intervensi kesehatan yang strategis karena jumlahnya besar dapat dijangkau melalui sekolah, dan menentukan kualitas pada usia produktif.

Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2013 dan GSHS tahun 2015, situasi kesehatan anak usia sekolah masih belum sesuai dengan yang diharapkan diantaranya masih kurangnya kebiasaan sarapan serta konsumsi sayur dan buah, aktivitas fisik yang masih rendah, jarangnya anak usia sekolah yang mencuci tangan dengan sabun, konsumsi alkohol dan merokok yang tinggi, tawuran, bullying serta banyaknya anak usia sekolah yang merasa kesepian dan khawatir berlebihan sehingga menimbulkan keinginan untuk bunuh diri. Untuk itu, pembiasaan PHBS disekolah menjadi suatu kebutuhan sehingga diharapkan setiap sekolah melaksanakan UKS yang terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar.

Pada tahun 2017, telah dilaksanakan orientasi TP UKS tingkat Provinsi dalam rangka penerapan model sekolah/madrasah sehat tingkat sekolah dasaran implementasi di 10 sekolah model per provinsi dimana setiap sekolah melaksanakan kegiatan yang meliputi literasi kesehatan, cuci tangan bersama, pendidikan gizi seimbang dengan sarapan dan kudapan bersama, sikat gigi bersama, optimalisasi 4L pada jam istirahat dan peregangan antar pergantian jam pelajaran, penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala, imunisasi peserta didik dan pemberian obat cacing, tanaman pangan di pekarangan sekolah, pemberantasan sarang nyamuk, pembinaan kantin dan PKL di sekitar sekolah, pengelolaan sampah, pembinaan kader kesehatan sekolah dan menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan.

Sebagai tindak lajut dari kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan melalui Bidang Kesmas akan menyelenggarakan Koordinasi Teknis TP UKS Kabupaten/ Kota dan Kecamatan dalam Rangka Penerapan Model Sekolah Sehat, dengan mengundang Tim Pembina UKS/M dari 5 Kabupaten dan 1 Kota. Acara dilaksanakan Swiss-bel Hotel Palangka Raya. (Kesmas)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)