Berita Utama

Kesjaor

Koordinasi/Sosialisasi Kesehatan Olahraga bagi Jamaah Haji Tingkat Prov.Kalteng 2019

| Kamis, 31 Oktober 2019 - 13:01:22 WIB | dibaca: 181 pembaca

Palangka Raya - Koordinasi yang kita laksanakan hari ini bertujuan untuk memperkuat program pengukuran kebugaran jasmani Calon Jamaah Haji bersinergi dengan program kesehatan haji, dengan menyatukan dan memperkokoh pengelolaan program pengukuran kebugaran jasmani khususnya dalam pengkuran kebugaran jasmani Calon Jamaah Haji disamping juga perlunya persamaan persepsi antara lintas program dalam hal ini antara kesehatan Olahraga dan kesehatan Jamaah Haji kabupaten kota se Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM mengatakan, Hal ini diharapkan dapat memperkuat program kesehatan haji dimasing-masing program melalui jamaah haji yang sehat dan bugar, akan terjalin kerjasama yang baik dan menguntungkan semua pihak, baik yang terlibat langsung maupun tidak dalam pencapaian program kesehatan khususnya kesehatan olahraga.

Pada Program Kesehatan Olahraga yang dalam hal ini ditujukan bagi pembinaan kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH). Pembinaan Kesehatan CJH bertujuan meningkatkan kesadaran , kemauan dan kemampuan kesehatan jamaah haji agar mampu melaksanakan ibadah haji secara sehat dan mandiri. Melalui pembinaan kesehatan dari tingkat puskesmas dengan latihan fisik Baik, Benar, Teratur dan Terukur (BBTT) sesuai kaidah kesehatan pada orang sehat.

Hal ini mengingat jumlah jamaah haji yang cukup besar dengan resiko tinggi faktor kesehatannya seperti menderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit kronis lainnya serta karena faktor lanjut usia . Untuk itu diperlukan pembinaan kesehatan yang mandiri 2(tahun) sebelum berangkat haji dengan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, melakukan kebugaran jasmani secara berkelompok atau mandiri dan secara berkala dilakukan pengukuran kebugaran jasmani di Puskesmas.

Diharapkan dengan melakukan olahraga rutin dapat mencegah dan menurunkan resiko Penyakit Tidak Menular sehingga pada saat keberangkatan, selama melaksanakan ibadah dan pulang kembali ke tanah air jamaah dalam kondisi sehat dan bugar.

Melalui Koordinasi dengan Lintas Program akan terjalin kerjasama yang baik dan menguntungkan semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam pencapaian program kesehatan khususnya kesehatan kerja dan olahraga.

Sebagai upaya dilaksanakannya Koordinasi, Olahraga dengan sektor terkait guna mensejahterakan masyarakatan melalui pencapaian target kinerja program yang berintegrasi dengan program lain.

 

Sumber : Subbag Penyusunan Program


 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)