Perlu Diketahui

HIV AIDS

Orientasi Tatalaksana Penanggulangan HIV-AIDS

| Selasa, 30 Juli 2019 - 14:53:13 WIB | dibaca: 92 pembaca

Palangka Raya -Pada tahun 2015 dapat dikatakan telah terjadi reformasi di bidang pendidikan dan pelatihan SDM kesehatan, yaitu adanya himbauan dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan (BPPSDM) tentang penyelenggara pelatihan bagi SDM kesehatan secara reintegrasi. Unit-unit program di Lingkungan Kementerian Kesehatan sebagai penyelenggara pelatihan SDM kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya, termasuk Subdirektorat HIV AIDS dan PIMS merespon himbauan tersebut dengan melakukan perubahan pada sistem pelatihan termasuk kurikulum dan modul-modul pelatihannya.

Di lingkungan Subdit HIV AIDS dan PIMS, selama ini pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan berdasarkan jenis program, berjumlah sekitar 14 jenis pelatihan. Peserta latih yang datang seringnya orang-orang yang sama, bahkan pengelola program juga diikutkan dalam pelatihan teknis layanan. Beberapa jenis materi yang diberikan pada pelatihan materi adalah materi yang sama tetapi menggunakan modul yang berbeda. Pelatihan bersifat fragmented, terpecah-pecah, kurang mengajak berpikir holistik dan komprehensif. Hal ini antara lain yang mendorong subdit HIV AIDS dan PIMS melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat untuk melakukan perubahan pada sistem pelatihan/orientasi bagi SDM pengelola dan pelaksana program pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan PIMS, yaitu perubahan mendasar adalah: pelatihan yang semula dirancang berdasarkan jenis program menjadi pelatihan/orientasi yang dirancang berdasarkan petugas pelaksana serta kompetensinya secara menyeluruh. Dihrapakan dengan mengikuti satu kali pelatihan/orientasi reintegrasi ini, petugas sudah mampu memahami serta melaksanakan seluruh tugasnya terkait program pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan PIMS.

Penyelenggaraan ini menggunakan acuan pelatihan program Pencegahan dan Pengendalian HIV AIDS dan PIMS di seluruh Indonesia, sehingga dimanapun kegiatan ini dilaksanakan menggunakan kurikulum serta modul yang telah ditentukan, dan ketentuan lainnya.

 

Sumber : Bidang P2P










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)