Berita Utama

Pelatihan

Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Terampil Angkatan IV dan V Tahun 2018

| Rabu, 25 Juli 2018 - 13:01:38 WIB | dibaca: 273 pembaca

Dalam rangka pembinaan karir dan pengembangan profesionalisme Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan tugasnya khususnya di bidang Kesehatan, saat ini telah ditetapkan 28 jenis jabatan fungsional Kesehatan. Salah satunya adalah jabatan fungsional Bidan yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 01/PER/M.PAN/1/2008 tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kreditnya.

Bidan adalah Aparatur Sipil Negara yang diberi tugas, tanggung jawab, dan wewenang secara penuh untuk melakukan kegiatan kebidanan pada sarana pelayanan Kesehatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi seorang Bidan adalah melalui pelatihan. Pelatihan yang terstandar adalah  pelatihan yang sesuai dengan ketentuan akreditasi yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 725 Tahun 2003 tentang pedoman akreditasi pelatihan. Sejak dahulu peran Bidan sebagai “primary care” yaitu sebagai pemberi pelayanan pada perempuan dan anak –anak. Sekalipun demikian peran ini terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan konteks, settings dan system dimana pelayanan kebidanan ikut serta.

Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan  dan dinyatakan terakreditasi penuh berdasarkan SK Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kemenkes RI, Nomor : HK.01.07/H.IV/ 008518/2016, tanggal 4 Oktober 2016. Sebagai penyelenggara pelatihan Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah menerapkan pedoman yang telah ditetapkan yakni :

1.  Kurikulum dan modul pelatihan yang terakreditasi

2.  Quality Qontrol pada setiap alur proses penyelenggaraan pelatihan

3.  Fasilitator dan Narasumber pelatihan yang telah mengikuti TOT dan memiliki sertifikat sesuai kualifikasi

4.  Evaluasi pelatihan yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan

5.  Sertifikat pelatihan yang dikeluarkan melalui penomorandan diterbitkan oleh BPPSDMK Kemenkes RI yang bekerjasama dengan LAN RI , sehingga sertifikat pelatihan yang akan diterima oleh para peserta jabatan fungsional Bidan pada saatnya nanti dapat dipergunakan sebagai syarat pengusulan kenaikan pangkat.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bapelkes dr. Linae Victoria Aden, M.M.Kes dalam sambutannya yang diwakili oleh Marthinus Izaak, SKM, M.Kes  Kasi. Penyelenggara Diklat Bapelkes Prov. Kalteng  dengan adanya Pelatihan  Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Terampil Angkatan IV dan V Tahun 2018 dimana peserta mampu menjalankan perannya sebagai Pelaksana teknis di bidang pelayanan kebidanan pada sarana pelayanan kesehatan dan Tugas pokoknya melaksanakan pelayanan kesehatan ibu dan reproduksi perempuan, pelayanan keluarga berencana, pelayanan kesehatan bayi dan anak serta pelayanan kesehatan masyarakat.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)