Perlu Diketahui

TGC

Pelatihan Bagi Petugas Tim Gerak Cepat (TGC) Dalam Rangka Kewaspadaan Dini Dan Respon

| Rabu, 14 Agustus 2019 - 13:24:08 WIB | dibaca: 124 pembaca

Palangka Raya -Indonesia merupakan Negara yang masih memiliki angka kejadian luar biasa (KLB) penyakit menular dan keracunan yang cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan perlunya peningkatan sistem kewaspadaan dini dan respon terhadap KLB tersebut dengan langkah-langkah yang terprogram dan akurat, sehingga proses penanggulangannya menjadi lebih cepat dan akurat pula.

Belakangan ini beberapa penyakit yang sering menjadi KLB  dan memerlukan respon penanggulangan yang cepat seperti penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (Difteri, Campak, Rubella, Pertusis, tetanus), Penyakit zoonosis (Antraks, Rabies, Leptospirosis), DBD, Malaria, Diare, Hepatitis, serta keracunan pangan. Selain penyakit menular tropis yang sering menyebabkan KLB, petugas kesehatan (Tim Gerak Cepat) memiliki tantangan lain yakni penyakit new dan re emerging yang harus menjadi perhatian dalam deteksi dan penanggulangannya.

Hal ini diperkuat dengan International Health Regulations (IHR) 2005 yang menyatakan bahwa setiap negara anggota termasuk Indonesia perlu melakukan kesiapsiagaan dan penanggulangan penyakit yang menjadi KKMMD/PHEIC. Penyakit re/new emerging yang telah menjadi masalah atau perhatian dunia yaitu Influenza A (H5N1, H7N9 dll ) , Middle East Respiratory Syndrom Corona Virus (Mers-CoV), Penyakit Virus Ebola (PVE), Zika dll.

Di tingkat Nasional, Peraturan  Menteri Kesehatan Nomor 1501 tahun 2010 dan Nomor 82 tahun 2014 menyatakan bahwa Tm Gerak Cepat (TGC)  adalah tim yang dibutuhkan dalam mendeteksi, merespon dan melaporkan KLB dan atau  wabah oleh Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota.

Untuk dapat mewujudkan respon KLB yang cepat, para petugas lapangan perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Kenyataan tersebut mendorong kebutuhan para petugas di lapangan untuk memiliki kemampuan penyelidikan dan penanggulangan KLB yang maksimal sehingga dapat mengambil langkah-langkah respon KLB. Untuk itu maka diperlukan  pelatihan bagi TGC untuk meningkatkan kompetensi dalam membantu penanggulangan KLB dan atau wabah dilevel nasional maupun daerah.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah harapan, peserta berperan sebagai TGC yang  mampu melakukan  upaya penanggulan KLB dan atau Wabah, seduai dengan pedoman.

 

Sumber : Bidang P2P


 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)