Berita Utama

Pelatihan

Pelatihan Keluarga Sehat Provinsi Kalimantan Tengah untuk Angkatan VII dan VIII Tahun 2018

| Kamis, 06 September 2018 - 10:30:44 WIB | dibaca: 53 pembaca

Program Keluarga Sehat merupakan program prioritas Kementerian Kesehatan yang mengacu pada agenda ke-5 Nawa Cita yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Untuk mensukseskan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga Sehat, Puskesmas melakukan pendekatan keluarga di wilayah kerjanya melalui kunjungan rumah sehingga setiap anggota rumah tangga dapat terpantau kondisi kesehatannya.

Pendekatan Keluarga merupakan strategi pendekatan pelayanan terintegrasi antara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang didasari oleh data dan informasi profil kesehatan keluarga melalui kunjungan rumah. Mengingat penting dan strategisnya program keluarga tersebut, maka diperlukan penguatan kompetensi tenaga kesehatan melalui pelatihan. Pelatihan Keluarga Sehat dirancang untuk menunjang terlaksananya pendekatan keluarga sehat di wilayah kerja Puskesmas yang kegiatannya difokuskan kepada indikator program prioritas. Untuk mendukung kegiatan Keluarga Sehat di perlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara dinas kesehatan  Kabupaten / Kota dengan lintas sektor di wilayah kerja setempat.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah drg. Yayu Indriaty, Sp.KGA dalam sambutannya menyampaikan bahwa  sangat dibutuhkan keterlibatan dan keaktifan peserta pelatihan dalam proses belajar-mengajar selama pelatihan agar tujuan pelatihan dapat tercapai serta memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Penyelenggara, Fasilitator dan Narasumber untuk melaksanakan pelatihan ini semaksimal mungkin, sesuai dengan out come yang sudah direncanakan.

Pelatihan Keluarga Sehat angkatan VII dan VIII dilaksanakan pada tanggal 04 s/d 06 September 2018 ini bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah, peserta yang diundang pada Pelatihan Keluarga Sehat terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan dari puskesmas di Kabupaten/kota yang ada di Prov. Kalimantan Tengah, peserta yang hadir diantaranya adalah Tenanga Medis, Tenaga Keperawatan, Tenaga Kebidanan, Tenaga Gizi, Nutrionis dan Tenaga Kesehatan Lingkungan. Jumlah peserta yang hadir untuk angkatan VII dan VIII masing-masing berjumlah 30 orang. Tujuan dari kegiatan pelatihan keluarga sehat adalah untuk menunjang terlaksananya program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga sehat di wilayah kerja puskesmas dengan menjangkau sasaran utamanya melalui keluarga.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)