Berita Utama

Pelatihan

Pelatihan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan Keluarga Angatan III Tahun 2018

| Rabu, 07 November 2018 - 11:03:49 WIB | dibaca: 33 pembaca

Pelatihan Manajemen Puskesmas dengan Pendekatan Keluarga ini dilaksanakan berdasarkan kerjasama antara Bapelkes Cikarang dengan Bapelkes provinsi Kalimantan Tengah. Adapun Peserta sebanyak 20 orang dari masing kab/kota, 3 orang dari Kab. Murung Raya, 3 orang dari Kab. Kapuas, 2 orang dari Kab. Kotawaringin Timur, 2 orang dari Kab. Seruyan, 1 orang dari Kab. Barito Selatan dan 1 Orang dari Kab. Pulang Pisau. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Aula Bapelkes Prov. Kalimantan Tengah.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan Upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat Pertama, dengan lebih mengutamakan uapaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang tinggi-tingginya diwilayah kerjanya. Sebagai pelaksana kebijakan pembangunan kesehatan Puskesmas harus dikelola dengan prinsip-prinsip manajemen yang baik sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Pengelolaan Puskesmas yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya.

Pengelolaan Puskesmas yang baik terdiri dari Kepala Puskesmas dan staf fungsional perlu mengikuti pelatihan Manajemen Puskesmas agar mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan dalam rangka mewujudkan indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Pelatihan Manajemen Puskesmas ini mengikuti Permenkes 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan  Masyarakat dengan mengacu pada perkembangan arah kebijkan pembangunan nasional dan pembangunan kesehatan serta prinsip-prinsip tatakelola pemerintahan yang baik dan benar, serta Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga.

Pendekatan keluarga merupakan stategi pendekatan pelayanan terintegritas antara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya kesehatan masyarakat (UKM) yang didasri oleh data dan informasi profil kesehatan keluarga melalui kunjungan rumah. Mengingat penting dan strategisnya program keluarga tersebut, maka diperlukan penguatan kompetensi tenaga kesehatan melalui pelatihan. Pelatihan Manajemen Puskesmas dirancang untuk menunjang terlaksananya pendekatan keluarga  sehat diwilayah kerja Puskesmas yang kegiatannya difokuskan kepada indikator program prioritas. Untuk mendukung kegiatan Keluarga Sehat diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara dinas kesehatan Kabupaten/ kota dengan lintas sektor  diwilayah kerja setempat.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)