Berita Utama

Pelepasan dan Pembekalan

Pelepasan Dan Pembekalan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (Pidi) Angkatan III Thn 2018

| Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:10:51 WIB | dibaca: 251 pembaca

Pelaksanaan Program Interensip di Kalimantan Tengah tahun 2018 merupakan Program Internsip angkatan ke III, sebanyak 32 peserta Calon Dokter Internsip Indonesia akan di tempatkan di 3 wahana Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah selama 1 (satu)  tahun untuk menempuh pendidikan praktek lapangan di Rumah Sakit dan Puskesmas yang telah di tunjuk. Program dokter internsip Indonesia merupakan program untuk memandirikan & memahirkan dokter yang baru lulus sehingga menghasilkan dokter Indonesia yang kompeten berguna untuk mewujudkan pelayanan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia, selain itu juga untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selelama pendidikan secara terintegritas, komperhensif dan mandiri, menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka kemahiran & penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktek di lapangan.

Program ini dilaksanakan dalam rangka Pelaksananaan amanah Undang-Undang praktek kedokteran no. 29 tahun 2014 sebagai sarana uji kopentensi Dokter Indonesia. Dimana semua lulusan fakultas kedokteran atau program studi pendidikan Dokter yang telah menggunakan kurikulum berbasis kompetensi harus mengikuti Program Internsip Dokter Indonesia sebelum memperoleh sertifikat kompetensi sebagai dokter layanan primer.

Kepala badan PPSDM kesehatan kementrian kesehatan drg. Usman Sumantri MSC. menyampaikan “dokter-dokter tersebut diharapkan mendapat ilmu yang banyak, kaya akan pengalaman dan saya berharap yang sudah selesai internsip, berlajut menjadi dokter permanen disini, karena sistemnyakan sudah berubah! mereka bias praktek, bias bikin klinik atau menjadi CPNS, pilihlah Kalteng, Karena kan banyak juga lulusan dari Kalteng dan banyak kembali dari orang-orang Kalteng sendiri” ucapnya

Peserta dokter internsip adalah dokter yang telah lulus program studi pendidikan dokter dan juga telah lulus uji kompetensi namun belum memiliki kewenangan praktek mandiri. Dokter internsip merupakan suatu program preregestrasi training sebelum mendapat surat tanda registrasi (STR) dari konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi berbagai kompetensi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah drg. Yayu Indriaty, Sp.KGA. “Kesediaan SDM ini sangat kurang, tadi seperti yang sudah disampaikan, masih kosong 35 puskesmas, kemudian beberpa Rumah Sakit juga belum tercukupi baik kuantitasnya dan jenisnya juga, dengan adanya mereka biasa membantu setidak-tidaknya mengurangi beban daerah untuk kecukupan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat”. Ucapnya










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)