Perlu Diketahui

PKRT

Pencanangan dan Sosialisasi Gema Cermat dan Germas Alkes serta PKRT di Kabupaten Kapuas

| Selasa, 11 Juni 2019 - 07:28:39 WIB | dibaca: 56 pembaca

Penggunaan obat yang rasional (POR) merupakan salah satu langkah dalam upaya pembangunan kesehatan yang aman dan bermutu, sehingga tercapainya keselamatan pasien (patient safety). Swamedikasi adalah upaya pengobatan sendiri yang dilakukan oleh masyarakat. Data Susenas menunjukkan lebih dari 60 % penduduk Indonesia melakukan swamedikasi, dan hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan 35,2 % menyimpan obat di rumah tangga, dimana 86,1 % dari obat yang disimpan tersebut adalah antibiotik yang diperoleh tanpa resep. Berdasarkan hal tersebut, Maka pada tahun 2015 telah dicanangkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Germas ALKES serta PKRT. Sosialisasi telah dilakukan sejak tahun 2016 di kabupaten/ kota terpilih, Kabupaten Kapuas merupakan Kabupaten terpilih di tahun 2019 , yang mana acara tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Kapuas.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas M.Nafiah Ibnor, mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, yang ditandai dengan pemukulan katambung dan penyematan pin kepada perwakilan Apoteker, sosialisasi tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan penunjukkan Apoteker sebagai Agent Of Change, yang akan menjadi edukator serta motivasi bagi masyarakat dan tenaga kesehatan. "Diharapkan Apoteker Agent Of Change dapat melaksanakan Gema Cermat dan Germas Alkes Serta PKRT secara komprehensif dan berkesinambungan dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi berbagai aspek pelayanan kesehatan termasuk dalam penggunaan obat," ucapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)  bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.  Gerakan masyarakat yang dilaksanakan pada hari itu juga merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat Alat Kesehatan serta PKRT secara tepat dan benar. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mensosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dan alat kesehatan serta PKRT kepada Masyarakat dan stake holder untuk meningkatkan pemahaman penggunaan obat secara benar dan rasional.

Sekitar 240 peserta mengikuti Pencanangan dan Sosialisasi Gema Cermat dan Germas Alkes serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Narasumber dari Kemenkes RI Jakarta.

 

Sumber : Haris/SDK










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)