Berita Utama

Pertemuan

Pengembangan SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019

| Kamis, 21 Februari 2019 - 13:53:34 WIB | dibaca: 89 pembaca

Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan karena menjadi pelaku utama yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan tersebut. Dalam rangka koordinasi program pengembangan SDM kesehatan tingkat provinsi Kalimantan Tengah, melalui Bidang Sumberdaya Kesehatan seksi SDMK Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakanpertemuan koordinasi program pengembangan SDM kesehatan tingkat provinsi kalimantan tengah tahun 2019 yang berlangsung di Palangka Raya pada tanggal 18 s/d 20 Februari 2019  bertempat di Aquarius Boutique Hotel Jl. Imam Bonjol No. 5  Palangka Raya.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kesehatan dr. Suyuti Syamsul, MPPM menambahkan, 2019 merupakan awal implementasi standar pelayanan minimal Kabupaten/Kota dan Provinsi berdasarkan peraturan pemerintah, peraturan preseiden dan turunannya, tugas Dinas Kesehatan Provinsi itu ada 2 (dua), yaitu; 1. Penanggulangan bencana dibidang kesehatan tingkat Provinsi, 2. Penanggulangan kejadian luar biasa tingkat provinsi, yang mana untuk pemenuhan ketersediaan SDM itu merupakan raport bagi Bupati dan Walikota untuk dipenuhi, namun kita Provinsi juga tidak bias berpangkutangan maka untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi akan membantu dalam hal penguatan Sumber Daya dalam peningkatan kompetensi maupun pelatihan-pelatihan yang terkait dalam peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Tujuan utama pembinaan dan pengawasan mutu SDM Kesehatan adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Kesehatan sesuai kompetensi yang diharapkan dalam mendukung kebutuhan pembangunan kesehatan. Pembinaan dan pengawasan mutu SDM Kesehatan juga ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat sebagai pelaku pembangunan kesehatan dan konsumen pelayanan kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah juga memberika apresiasi yaitu berupa penghargaan kepada Pengelola Sumber Daya Manusia Kesehatan tahun 2018 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang diberikan kepada Kabupaten Lamandau sebagai peringkat pertama, Kabupaten Sukamara sebagai peringkat ke-2 dan Kota Palangkaraya sebangai peringkat ketiga, dengan penghargaan ini diharapkan terpacunya semangat bagi kabupaten lain untuk bisa meningkatkan Pengelola Sumber Daya Manusia Kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah

Melalui pertemuan ini diharapkan terlaksananya koordinasi program Pengambangan SDM Kesehat antara Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan, RSUD  Kabupaten/Kota, Se- Kalimantan Tengah. (Haris/SDK)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)