Berita Utama

Peningkatan Kapasitas SDM

Peningkatan Kapasitas SDM Dinkes Prov/Kab/Kota dalam Pembinaan dan Pengawasan PIRT, UKOT, dan UMOT.

| Jumat, 20 April 2018 - 09:34:37 WIB | dibaca: 74 pembaca

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 1986 tentang Kewenangan Pengaturan, Pembinaan dan Pengembangan Industri, Kementerian Kesehatan berwenang membina dan mengembangkan industri baik di bidang obat, obat tradisional maupun makanan yang dilaksanakan secara berjenjang oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sesuai dengan peraturan, Dinas Kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota berwenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan untuk sarana PIRT, UKOT dan UMOT.

Seiring perubahan jaman, adanya persaingan global dengan berlakunya MEA dan perdagangan bebas, pelaksanaan pembinaan di bidang produksi obat tradisional dan makanan perlu diaktualkan. Diperlukan peningkatan kemampuan SDM Pembina di Dinkes Provinsi/Kab/Kota agar mampu  melakukan pembinaan dan pengawasan PIRT, UKOT dan UMOT dalam hal pemenuhan standar dan persyaratan, mendorong peningkatan daya saing dan melindungi masyarakat dari produk yang tidak aman, bermutu dan bermanfaat sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan petugas Pembina tersebut maka dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Dinas Kesehatan Prov/Kab/Kota dalam pembinaan dan pengawasan PIRT, UKOT, dan UMOT. Adapun tujuan kegiatan adalah agar SDM Pembina di Dinkes Provinsi/Kab/Kota mampu  melakukan pendataan, pembinaan dan pengawasan PIRT, UKOT dan UMOT dan PBF dalam hal pemenuhan standar dan persyaratan, mendorong peningkatan daya saing dan melindungi masyarakat dari produk yang tidak aman, bermutu dan bermanfaat

I. Peserta Pertemuan :

No.

Undangan

Untuk Menugaskan

Jumlah

1.

Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

Pejabat/Staf yang menangani Program Kefarmasian

28 orang

2.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng

Pejabat/Staf yang menangani Pangan

1 orang

3.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya

Pejabat/Staf yang menangani Pangan

1 orang

4.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng

Pejabat/Staf yang menangani Pangan

1 orang

5.

Dinas Kesehatan Prov.Kalteng

 

13 orang


II. Narasumber :

1.   Narasumber Pusat dari Dit. Pelayanan Kefarmasian Kemkes RI.

Narasumber Lokal : Dinkes prov. Kalteng dan Badan Pengawas Obat dan Makanan 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)