Perlu Diketahui

GSI

Pertemuan Kegiatan Gerakan Sayang Ibu (Gsi) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019

| Jumat, 28 Juni 2019 - 10:01:59 WIB | dibaca: 85 pembaca

Palangka Raya - Gerakan sayang Ibu (GSI) adalah gerakan yang mengembangkan kualitas perempuan utamanya melalui percepatan penurunan angka kematian ibu yang dilaksanakan bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dengan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian dalam upaya integrative dan sinergis.

GSI didukung pula oleh Aliansi Pita Putih (White Ribbon Alliance) yaitu suatu aliansi yang ditujukan untuk mengenang semua wanita yang meninggal karena kehamilan dan melahirkan. Pita putih merupakan symbol kepedulian terhadap keselamatan ibu yang menyatukan individu, organisasi dan masyarakat yang bekerjasama untuk mengupayakan kehamilan dan persalinan yang aman bagi setiap wanita.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr.Suyuti Syamsul, MPPM menambahkan, GSI diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif terlibat dalam kegiatan seperti membuat tabulin, pemetaan bumil dan donor darah serta ambulan desa. Untuk mendukung GSI, dikembangkan juga program suami SIAGA dimana suami sudah menyiapkan biaya pemeriksaan dan persalinan, siap mengantar istri ke tempat pemeriksaan dan tempat persalinan serta siap menjaga dan menunggui saat istri melahirkan.

  3 (tiga) unsur pokok : Pertama: Gerakan Sayang Ibu merupakan gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan pemerintah.Kedua :Gerakan Sayang Ibu mempunyai tujuan untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup perempuan sebagai sumber daya manusia.Ketiga :Gerakan Sayang Ibu bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas.

Tujuannya untuk Meningkatkan pengetahuan, kepedulian, komitmen dan peran serta masyarakat dalam upaya integratif dan sinergis pada program percepatan penurunan kematian ibu guna mewujudkan manusia yang berkualitas.

 

Sumber : Nope/Kesmas










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)