Berita Utama

Kesehatan Olahraga

Pertemuan Koordinasi Pembinaan Kesehatan Olahraga Bagi Anak Sekolah Tk. Prov.Kalteng Tahun 2019

| Senin, 18 Maret 2019 - 12:33:31 WIB | dibaca: 206 pembaca

RPJMN Tahun 2010-2014 ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan Indonesia di segala bidang dengan menekankan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) termasuk pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi serta penguatan daya saing perekonomian. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab X pasal 37 menyebutkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan jasmani dan olahraga.

Upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, yang merupakan upaya dasar dalam meningkatkan prestasi belajar, kerja, dan olahraga melalui peningkatan aktivitas fisik, latihan fisik, olahraga yang baik, benar, terukur teratur.

Data  Riskesdas  tahun 2010  menyatakan  35%  anak  Indonesia  makin  pendek  akibat kekurangan gizi kronis, prevalensi anak gemuk di keluarga miskin 13,7% dan di keluarga kaya  14%, tingkat obesitas penduduk usia lebih dari 15 tahun 15%. Hasil penilaian tingkat kebugaran jasmani 12.240 siswa SD, SMP, SMA/K di 17 provinsi menyebutkan bahwa  tingkat kebugaran jasmani kategori kurang 45%, sedang 38% dan baik sekali 0%.

Kurikulum pendidikan dasar dan menengah kurang memperhatikan peningkatan kemampuan fisik anak. Padahal usia pertumbuhan adalah periode penting bagi tumbuh kembang anak. Jam pelajaran penjasorkes hanya 1 kali dalam seminggu. Sekolah belum memahami dampak kebugaran jasmani bagi peningkatan prestasi belajar peserta didik. Kebugaran Jasmani dapat menurunkan angka kesakitan anak sekolah yang akan menurunkan biaya pengobatan dan meningkatkan jumlah kehadiran anak sekolah sehingga prestasi belajar dapat meningkat.

Manfaat aktivitas fisik dan latihan fisik/olahraga pada anak usia sekolah perlu disosialisasikan Puskesmas ke sekolah, instansi maupun institusi terkait agar dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani anak sekolah termasuk guru dan warga sekolah lain. Pertemuan Koordinasi Kesehatan Olahraga bagi Anak SD tingkat Provinsi adalah salah satu  upaya  provinsi,  kabupaten/kota  dan  Puskesmas  untuk  mengkoordinir, mengakomodir seluruh kebutuhan dalam penyelenggaraan pengembangan kesehatan olahraga guna meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk anak usia sekolah agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

Pertemuan koordinasi ini mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Puskesmas, LP/LS terkait untuk melakukan pembinaan kesehatan olahraga. Pertemuan yang dilaksanakan dari tanggal 13 – 15 Maret 2019 di Palangka Raya.

 

Sumber : Bidang Kesmas










Komentar Via Website : 1
ginn
15 Juli 2019 - 16:32:06 WIB
Now lots of search functions are given here play gin rummy free online. Now this is easy to know about http://ginrummy.me because simply mention as the online portal which you can choose always.
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)