Berita Utama

Pertemuan

Pertemuan Koordinasi Teknis Perencanaan, Data, dan Evaluasi Bidang Kesehatan Prov. Kalteng

| Jumat, 27 Juli 2018 - 15:24:06 WIB | dibaca: 52 pembaca

Pada tanggal 26 Juli 2018 di Hotel Aquarius Palangka Raya dilaksanakan Pertemuan Koordinasi Teknis Perencanaan, Data, & Evaluasi Bidang Kesehatan Tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah adapun tujuan pertemuan tersebut yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Ibu drg. Yayu Indriaty, Sp.KGA saat acara pembukaan tersebut antara lain yaitu untuk :
- Menyamakan persepsi arah kebijakan dan sinkronisasi program dan kegiatan serta  penganggaran Bidang Kesehatan di Tahun 2018 & 2019;
- Melaksanakan refocusing kegiatan dan anggaran Bidang Kesehatan Tahun 2019 untuk di fokuskan pada program-program prioritas guna mengatasi dampak masalah kesehatan sehingga bisa menghasilkan Capaian dan hasil data kesehatan yang akurat ;
-  Melakukan penajaman terhadap kegiatan dan anggaran Bidang Kesehatan Tahun 2019;
- Memetakan permasalahan Bidang Kesehatan di masing-masing Kabupaten/Kota serta merumuskan pemecahan permasalahan tersebut
- Mendapatkan informasi dan arah kebijakan serta langkah-langkah kongkrit pemanfaatan perencanaan kegiatan Bidang Kesehatan Tahun 2019 serta mengevaluasi realisasi kegiatan Bidang Kesehatan Tahun 2018 hingga Triwulan II.

Diharapkan hasil pertemuan ini menghasilkan saran dan masukan konstruktif terhadap pelaksanaan Program dan Kegiatan pada TW.III & IV Bidang Kesehatan Tahun 2018 dan rencana Program dan kegiatan Bidang Kesehatan Tahun 2019 di  Provinsi dan kabupaten/kota yang selaras dengan RENSTRA Dinas Kesehatan dan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah serta Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan PP No. 02 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Pertemuan ini juga dalam rangka menyamakan tentang Difinisi Operasional (DO) tentang capaian indikator LKPP , SPM , Data Profil Kesehatan antara pengelola data dan pengelola program baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota agar selalu akurat dan konsisten.

Diharapkan juga seluruh Strategi, Program serta Kegiatan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan di daerah agar menyesuaikan terhadap pencapaian sasaran prioritas yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah , serta agar pemerintah daerah menaruh perhatian ekstra pada target Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan di daerah sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 02 Tahun 2018 serta diikuti dengan komitmen untuk meningkatkan disiplin manajemen data (data managing). Serta dalam Pengambilan kebijakan untuk pembangunan kesehatan agar dapat memanfaatkan data yang telah tersedia (evidence based policy) melalui satu sumber data yang memiliki kekuatan hukum (legal standing) yang jelas dan konsisten. Pada tingkat provinsi akan melakukan kajian dan telaah ulang pada RPJMD sektor kesehatan maupun Renstra agar indikator yang telah ditetapkan dapat wajar untuk dicapai (reasonable)

Provinsi Kalimantan Tengah untuk angka stunting masih tinggi sebesar 39% sehingga Program penanggulangan Stunting bisa kolaborasi dengan lintas sektor terkait (contoh ; Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Badan Ketahanan Pangan dan lainya). Perlu peningkatan pemanfaatan dana Jaminan Persalinan (Jampersal) yang melewati DAK Non Fisik Bidang Kesehatan di daerah karena tercatat hanya 47,4 % persalinan pada fasilitas kesehatan. Perlu dukungan daerah untuk mendukung Program unggulan/prioritas Provinsi Pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Kelas A dan pembangunan kawasan Pusat Pengolahan Pasca Panen Tanaman Obat (P4TO) di km. 10 Jln. Cilik Riwut P. Raya

Rapat ini dihadiri sekitar 60 (enam puluh) orang peserta dari Kabupaten/Kota yaitu: Sekretaris dan Kasubbag Penyusunan Program Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se- Kalimantan Tengah dan seluruh Pejabat Eselon III dan IV (Sekretaris, Kepala Bidang/Kasubbag/Kasie) dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah beserta UPT serta dari RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dan Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei. Adapun yang bertindak sebagai narasumber pada  pertemuan tersebut adalah Kepala Dinas Kesehatan dan Serkretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah beserta 4 Kepala Bidang dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)