Berita Utama

Pertemuan

Pertemuan Perencanaan dan Monitoring Evaluasi Bidang Yankes Tingkat Prov. Kalteng Thn Anggaran 2020

| Selasa, 16 April 2019 - 11:33:54 WIB | dibaca: 19 pembaca

Perencanaan Berbasis Elektronik (PBE) merupakan sistem perencanaan elektronik, sub sistem dari sistem kesehatan elektronik untuk membantu proses perencanaan kegiatan yang dilaksanakan untuk tahun anggaran berikutnya. PBE yang dulunya bernama E-planning dapat digunakan secara mudah bagi Satker yang ingin mengusulkan dana APBN baik dana dekonsentrasi (DK) maupun Dana Alokasi khusus (DAK) dengan melibatkan peran serta Dinas Kesehatan Provinsi untuk verifikasi usulan tersebut secara online.

Pada tahun 2011 diberlakukan E-Planning sampai tahun 2016 namun pada tahun 2017 E-Planning Ditjen Yankes tetap wajib digunakan untuk usulan kegiatan tahun anggaran 2018 yang bersumber pada APBN semuanya telah menggunakan sistem online. Sejak tahun 2018 E-Planning berubah nama menjadi PBE (Perencanaan Berbasis Elektronik) dengan beberapa perubahan menu yang lebih praktis dan mudah digunakan. Dalam Aplikasi PBE terdapat menu-menu usulan APBN melalui DAK berupa usulan menu DAK Fisik dan DAK Non Fisik.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah dr. Suyuti Syamsul, MPPM peran Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah dalam melakukan verifikasi dan skala prioritas usulan mengacu pada ; Kesesuaian pada prioritas nasional pembangunan kesehatan (penanggulangan daerah bermasalah, kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan), kemampuan Fiskal keuangan daerah (PAD), alokasi APBN dalam 3 tahun terakhir pada suatu Satker, kondisi lokal spesifik (rawan bencana, rawan konflik, dan lain-lain) dan pertimbangan lain oleh Provinsi.

Kedepan semua aplikasi perencanaan dan penganggaran akan tersambung dengan aplikasi-aplikasi yang ada di sektor lain seperti Aplikasi E-Renggar (Sekjend. Kemenkes RI) dan Aplikasi KRISNAS (Bappenas RI).

Harapan kedepan dengan adanya pertemuan ini perencanaan di tahun depan dapat menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga yang sudah di program dapat berjalan baik dan lancar. Acara Pertemuan Perencanaan dan Monitoring Evaluasi Bidang Yankes Tingkat Prov. Kalteng Thn Anggaran 2020 tahun ini di selenggarakan di Hotel Neo Palangka Raya dengan di ikuti oleh 60 peserta dari Kab/kota, Provinsi dan 1 orang narasumber dari pusat.

Sumber : Yankes










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)