Berita Utama

HIV AIDS

Pertemuan Validasi Data HIV-AIDS Tingkat Provinsi Kalteng 2018

| Rabu, 03 Oktober 2018 - 13:05:28 WIB | dibaca: 289 pembaca

System informasi HIV dan AIDS (SIHA) merupakan suatu System informasi yang dikembangkan oleh Kementrian Kesehatan untuk mendokumentasikan proses pelayanan HIV yang baku ditingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama dan rujukan baik yang diselenggarakan oleh swasta/LSM maupun pemerintah.

Data Program pengendalian HIV-AIDS & IMS diperoleh dari pencatatan dan pelaporan di fasyankes dan mitra terkait dengan menggunakan formulir pencatatan dan pelaporan standar. Teknologi Komputer merupakan salah satu bentuk teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan untuk mendukung fungsi manajemen sebuah organisasi. Berbagai macam perangkat lunak komputer telah dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk mendukung sistem informasi manajemen  pada tingkat fasyankes, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi dan kementrian kesehatan.

Perangkat lunak aplikasi yang telah dikembangkan oleh kementrian kesehatan pada tahun 2010 dalam program pengendalian HIV-AIDS & IMS adalah aplikasi Sistem Informasi HIV-AIDS & IMS (SIHA). Aplikasi SIHA adalah aplikasi berbasis web untuk pencacatan dan pelaporan program nasional pengendalian HIV-AIDS. Penerapan aplikasi SIHA pada dasarnya merupakan alat Monitoring yang dapat menyediakan informasi strategis yang digunakan sebagai dasar para pemangkau kepentingan dalam mengambil suatu kebijakan, penyusunan perencanaan dan evaluasi, serta kebutuhan dalam menjawab berbagai indikator yang telah ditetapkan.

Penerapan aplikasi SIHA di fasilitas penyedia layanan HIV belum maksimal, hal tersebut berpengaruh terhadap keakuratan data yang dihasilkan. Beberapa permasalahan utama adalah banyaknya layanan HIV yang mengirimkan laporan bulanan pelayanan melalui SIHA Online bukan berasal dari input data individu pasien pada aplikasi Siha offline, belum semua variabel pada formulir pasien terisi dengan benar dan lengkap serta ketepat waktu pelaporan.

Pertemuan validasi data dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 02 – 05 Oktober 2018 ini sangat penting dilakukan dalam menjawab permasalahan kualitas data yang dihasilkan oleh setiap jenjang administrasi dari tingkat layanan, kabupaten kota, provinsi dan pusat, sebagai forum diskusi untuk menyampaikan dan mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dari pengumpulan, pengolahan hingga analisis data ujar Plt.Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng drg.Yayu Indiraty Sp.KGA yang saat itu di wakili oleh Bapak Yaesar Wawan SKM, MPH.

Untuk itu, perlu dilaksanakannya Pertemuan Validasi Data HIV-AIDS dan PIMS tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Sehingga diharapkan dapat menjadi solusi dalam permasalahan diatas.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)