Berita Utama

Kegiatan

Rapat Koordinasi Teknis Riset Fasilitas Kesehatan (RIFASKES):Riset Evaluatif JKN Tahun 2019

| Rabu, 20 Februari 2019 - 14:47:12 WIB | dibaca: 567 pembaca

Sebagaimana Peraturan Pemerintah NO. 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah Suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau masyarakat.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, Setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat dan bahan medis yang diperlukan. Pemerintah pusat dan kita sebagai pemerintah daerah bertanggung jawab atas ketersediaan fasilitas kesehatan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk pelaksanaan program jaminan kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Tengah, dr. Suyuti  Syamsul, MPPM, Rifaskes tahun 2019 ini diharapkan memberikan manfaat dalam mendukung strategi pencapaian Universal Health Coverage (UHC) yang ingin Indonesia capai yang berarti Jaminan Kesehatan Semesta. Dalam jaminan kesehatan menurut WHO adalah seluruh orang dan komunitas dapat menggunakan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif yang diperlukan dengan kualitas yang cukup dan efektif, dan juga menjamin bahwa penggunaan pelayanan kesehatan tersebut tidak menyulitkan pengguna secara finansial.

Dari definisi tersebut, terlihat jelas bahwa dalam kesemestaan bukan hanya akses pelayanan berkualitas saja yang perlu diperhatikan, namun dalam mempersiapkan pelayanan berkualitas juga dirasakan perlu untuk meninjau seluruh aspek yaitu : tata kelola, SDM, sarana dan prasarana, obat-obatan dan alat kesehatan, sistem informasi, pelayanan dan pembiayaan.

Dengan membandingkan potret fasilitas kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah melalui hasil Rifaskes ini, maka dapat diidentifikasi dengan lebih tepat dan berimbang peran Pemerintah Pusat/Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam perencanaan pengembangan fasilitas kesehatan sehingga tercapai penguatan pencapaian UHC dan perbaikan pelaksanaan Jaminan Kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah bahkan secara Nasional pada akhirnya.

Oleh karena itu, para pelaksana kegiatan Rifaskes, para pendamping, pelaksana administrasi manajemen, dan seluruh jajaran kesehatan di Provinsi Kalimantan tengah baik Dinas Kesehatan Provinsi dan Rumah Sakit Daerah agar melaksanakan tugas dengan optimal, cerdas dan tangkas guna mewujudkan tercapainya masyarakat Kalteng BERKAH sesuai visi Gubernur Kalimantan Tengah. Acara Rapat Koordinasi Teknis Riset Fasilitas Kesehatan (RIFASKES) : Riset Evaluatif JKN Tahun 2019  tahun ini di selenggarakan di Hotel Swiss-belhotel Internasional Palangka Raya dengan di ikuti oleh 61 peserta dari Kab/kota dan Pusat/Provinsi, selanjutnya Riset Fasilitas Kesehatan (Risfaskes) untuk kegiatan pengumpulan datanya   akan dilaksanakan  pada bulan April – Mei 2019 yang sebelumnya akan ada proses penerimaan Enumerator.

 

Sumber :Subbag PP/Lulu










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)