Berita Utama

Rakerkesda 2018

Sinergitas Pusat dan Daerah Untuk Pencapaian Indikator SPM Bidang Kesehatan

| Selasa, 10 April 2018 - 10:33:28 WIB | dibaca: 170 pembaca

Kesehatan adalah meningkatnya status kesehatan masyarakat serta meningkatnya responsiveness dan perlindungan masyarakat terhadap risiko sosial dan finansial di bidang kesehatan. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut, pembangunan kesehatan diarahkan pada 3 (tiga) hal penting yaitu Penguatan pelayanan kesehatan primer (primary health care), Penerapan pendekatan keberlanjutan pelayanan, Intervensi berbasis risiko kesehatan yang diharapkan dapat mendukung peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang ditindaklanjuti dengan upaya yang bersifat reformatif dan akseleratif untuk menjamin terlaksananya pencapaian berbagai upaya kesehatan yang dianggap prioritas dan mempunyai daya ungkit besar melalui reformasi kesehatan.

Isu penting pada Rapat Kerja Kesehatan Tingkat Nasional pada tanggal 4 s/d 8 Maret 2018 yang mengemuka pada tahun 2018 antara lain upaya pencapaian Universal Coverage Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Percepatan Eliminasi Tuberculosis, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi.. Tentunya dalam upaya menjawab isu-isu tersebut dan juga dalam upaya pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh sektor kesehatan semata, tetapi sangat dipengaruhi pula oleh hasil kerja serta kontribusi positif berbagai sektor pembangunan lainnya, antara lain penyediaan jalan dan sarana transportasi, penyehatan lingkungan, perumahan sehat, sistim informasi dan lain-lain. Pembagian peran antara pusat dan daerah sebagai implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014, sinergitas antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota Untuk optimalisasi dan akselerasi hasil kerja dan kontribusi berbagai sektor dalam pelaksanaan program pembangunan Kesehatan maka diperlukan forum komunikasi dan informasi antara stakeholders yang melibatkan peserta pusat dan daerah. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu diselenggarakan Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah  tahun  2018.

Koordinasi dan sinergisme antara pusat, provinsi dan kab/kota dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan dalam pemantapan program Indonesia Sehat dan Kalteng Berkah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

N/B : Bahan Paparan Narasumber Rakerkesda 2018 dapat di Download disini










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)