Berita Utama

GERMAS

Sosialisasi Germas Bagi Lintas Sektor di Provinsi Kalimantan Tengah

| Kamis, 28 Maret 2019 - 22:14:21 WIB | dibaca: 51 pembaca

Sosialisasi Germas Bagi Lintas Sektor, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Dan Organisasi Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah

Presiden RI telah menerbitkan Instruksi Presiden RI nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Yang di dalamnya terdapat uraian tugas, fungsi dan kewenangan masing – masing kementerian/Lembaga dalam rangka mewujudkan GERMAS.

Meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Hal ini berdampak pula pada besarnya beban pemerintah karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar. Pada akhirnya, kesehatan akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:

1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,

2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan

3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr.Suyuti Syamsul, MPPM, menambahkan GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya, Palangka Raya (28/3).

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan GERMAS. Harapan kita, dengan GERMAS kita dapat mencegah terjadinya penyakit tidak menular (PTM) sehingga bisa menekan pengeluaran terhadap biaya kesehatan.

 

Sumber : Bidang Kesehatan Masyarakat










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)