Berita Utama

PEKAN ASI

Talkshow Dalam Rangka Kampanye Pekan Asi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019

| Jumat, 30 Agustus 2019 - 10:18:44 WIB | dibaca: 64 pembaca

Palangka Raya - Deklarasi Innocenti Tahun 1990 di Florence Italia mengamanatkan pentingnya mengkampanyekan Air Susu Ibu (ASI) sebagai bagian penting dari upaya “perlindungan, promosi dan dukungan menyusui”. Pekan ASI Sedunia diperingati setiap tahun pada minggu pertama bulan Agustus, untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi bayi, sehingga ibu menyusui perlu dukungan dari semua pihak.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM menambahkan, Menyusui adalah salah satu investasi terbaik untuk kelangsungan hidup dan meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial serta ekonomi individu dan bangsa. Meskipuan angka Inisiasi Menyusu Dini secara global relative tinggi, hanya 40% dari semua bayi di bawah 6  bulan mendapatkan ASI Eksklusif dan 45% yang mendapatkan ASI sampai usia 24 bulan. Untuk Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 cakupan Inisiasi Menyusu Dini cukup tinggi yaitu 80,7% sementara cakupan bayi <6 bulan mendapatkan ASI Eksklusif sebesar 55,3%. Rabu(28/8).

Meningkatkan praktik menyusui yang optimal sesuai rekomendasi dapat mencegah lebih dari 823.000 kematian anak dan 20.000 kematian ibu setiap tahun. Sebaliknya, tidak menyusui dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang lebih rendah dan mengakibatkan kerugian ekonomi sekitar $302 M per tahun. Oleh karena itu dibutuhkan kerja bersama untuk mencapai target World Health Assembly (WHA) pada tahun 2025, yaitu minimal 50% ASI Eksklusif 6 bulan. Banyak hambatan untuk menyusui secara optimal, salah satu tantangan terbesar adalah kurangnya dukungan bagi orang tua di tempat kerja.

Tema global World Breastfeeding Week Tahun 2019 adalah “Empower Parents. Enable Breastfeeding” sedangkan Pekan ASI Sedunia di Indonesia mengangkat tema Nasional “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”, dengan slogan “Ayo dukung ibu sukses menyusui”.

Dengan pemateri Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM, dari RS dr. Dorys Sylvanus Palangka Raya dr. Ni Made Yuliari, Sp.A dan dari Co-Founder Ayah ASI Indonesia Jakarta Agus Rahmah Hidayat. Dalam memperingati Kampanye Pekan ASI Sedunia Tahun 2019, maka Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah ikut menyelenggarakan peringatan Pekan ASI  dalam bentuk talkshow  dengan melibatkan Komunitas Ayah ASI dan dari RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Kegiatan talkshow ini akan melibatkan peserta dari beberapa SOPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, organisasi profesi, akademisi, organisasi kemasyarakatan, media serta masyarakat yang peduli ASI.

 

Sumber : Bidang Kesmas










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)