Berita Utama

SIDAK

Tim Gabungan Inspeksi Mendadak (SIDAK) Ke Sejumlah Pasar Modern

| Senin, 27 Mei 2019 - 10:13:42 WIB | dibaca: 80 pembaca

Upaya melindungi masyarakat dari makanan yang tidak memenuhi syarat pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tim gabungan Balai Besar POM Palangka Raya, Ditreskoba Polda Kalteng, Dinkes Prov. Kalteng, Dinkes Kota Palangkaraya,  dan Satpol PP Kota Palangkaraya, melakukan inspeksi mendadak (SIDAK) ke sejumlah pasar modern. Tim dibagi menjadi 2 kelompok, dengan sasarannya Telaga Biru, Sendys Jalan A yani, dan Cilik Riwut, Hypermart, KPD Rajawali Serta Temanggung Tilung.

Dari hasil SIDAK tidak ditemukannya makanan atau minuman dengan kondisi Kedaluarsa akan tetapi tim menemukan makanan atau minuman dengan kemasan rusak serta label kedaluarsa yang sudah tidak terbaca lagi, dan juga mendapati produk lokal UMKM yang izinnya sudah kedaluarsa, dari hasil temuan ini tim melakukan penyitaan terhadap pangan tersebut untuk dilakukan pemusnahan karena dianggap membahayakan konsumen. Tidak lupa parcel yang telah dilakukan pengemasan dilakukan pemeriksaan baik keadan fisik produk maupun kedaluasanya, sehingga menjadikan kualitas makanan atau minuman terjamin dengan baik.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Palangka Raya, Agustinawati U.T, M.Si, Apt, mengatakan, “Makanan rusak yang ditemukan, yakni makanan yang dikemas dalam kaleng maupun toples plastik, konsumen yang mengkonsumsi makanan dalam kemasan yang telah rusak, berpotensi pada gangguan kesehatan, seperti diare dan muntaber”.

Sementara itu Kepala Bidang Pemeriksaan BPOM Palangkaraya, Wiwi Winarti, S.Si, Apt, juga menjelaskan “Pengawasan terhadap pangan menjelang lebaran dan selama ramadhan memang dilakukan setiap tahunnya. Dari hasil pemantauan, Setelah kami cek dari data sebelumnya pelaku usaha baik supermartket dan swalayan mereka juga sudah mulai sadar, dilihat dari indikasi temuannya tidak sabanyak tahun sebelumnya.”  Ungkapnya.

Haris/Bidang SDK

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)