Berita Utama

Hepatitis

Validasi Data P2 Hepatitis dan ISP di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019

| Senin, 02 September 2019 - 07:54:56 WIB | dibaca: 24 pembaca

Palangka Raya - Validasi data kesehatan merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari sistem kesehatan di suatu negara. Data yang berkualitas dan mempunyai validitas yang baik akan menghasilkan output yang baik juga. Data yang akan menjadi informasi kesehatan merupakan salah satu bentuk pokok system kesehatan nasional yang dipergunakan sebagai dasar dan acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan, pedoman dan arahan penyelenggaraan pembangunan kesehatan serta pembangunan berwawasan kesehatan.

Data yang sesuai dengan fakta yang terjadi di layanan kesehatan dan masyarakat pada saat ini seharusnya bisa dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan untuk dapat membentuk system informasi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan program Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (HPISP). Data yang dikumpulkan berdasarkan pencatatan dan pelaporan di Puskesmas, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional yang dilakukan dengan cara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen program HPISP dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Validasi data yang baik diperlukan dalam pembuatan program kesehatan mulai dari analisis situasi, penentuan prioritas, pembuatan alternative solusi, pengembangan program, pelaksanaan dan pemantauan hingga proses evaluasi. Berkenaan dengan hal tersebut diperlukan upaya validasi data Pencatatan dan pelaporan HPSIP di Kalimantan Tengah.

Tujuan dillaksanakannya kegiatan ini untuk Meningkatkan kualitas data (ketepatan dan kelengkapan) pencatatan dan pelaporan P2 HPISP di kab/kota Provinsi Kalimantan Tengah, Meningkatnya kemampuan petugas P2 HPISP provinsi dan kab/kota tentang sistem pencatatan dan pelaporan Captor 3E dan Master Diare, dan Meningkatkan komitmen petugas di kab/kota dalam pencatatan.

 

Sumber : Bidang P2P 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)